Apa itu Formalin ?

Preface :
Sesungguhnya itu yang mengusik perasaanku beberapa minggu ini, siapakah formalin itu ? mengapa dia begitu menakutkan dan begitu menggemparkan. Setelah menggali informasi, berikut ini hasil reportase sementara :P.

Apa itu Formalin ?  Formalin atau Formaldehyde/HCHO merupakan larutan tidak berwarna dengan bau menyengat serta sangat mudah menyebabkan iritasi. Formalin yang beredar di pasaran menggunakan zat pelarut air dengan konsentrasi 36% – 37% dan biasanya menggunakan metanol sebesar 15% sebagai katalisator agar formalin tidak berubah menjadi zat lebih beracun yang disebut paraformaldehyde.  Yang tidak diketahui oleh masyarakat, formalin yang sebenarnya merupakan senyawa organik yang banyak terdapat disekitar kita dan bahkan dapat kita temui di air hujan dan asap kendaraan bermotor. Bagi perokok, formalin merupakan sahabat mereka sejak dulu karena 1 batang rokok mengandung 15mg sampai  20mg, sedangkan yang terhirup oleh perokok aktif adalah 0,4 mg sampai 2 mg. Sebenarnya formalin mudah sekali rusak apabila berinteraksi dengan udara dan di air, formalin akan mudah berhydrasi menjadi satu zat yang disebut glikol.
Digunakan untuk apakah formalin ? Pada umumnya formalin digunakan untuk :

  1. Desinfektan
  2. Bahan Pupuk urea
  3. Pengawet produk kosmetik
  4. Bahan perekat plywood
  5. Sebanyak 0,1 % digunakan sebagai bahan baku produk rumah tangga seperti peralatan  rumah tangga berbahan melamin, pelembut, shampoo mobil, pewangi dsb.
  6. dan beberapa fungsi spesifik lain

Jadi sebenarnya tanpa ada isu formalin digunakan sebagai bahan pengawet, kita sudah mengkonsumsi formalin setiap hari, batas normal tubuh dapat menetralisir formalin  dalam tubuh melalui konsumsi makanan adalah 1,5 sampai 14 mg setiap harinya. Formalin dalam tubuh diubah menjadi asam format dan dikeluarkan dalam bentuk CO2 dan H2O melalui urine.

Mengkonsumsi formalin secara terus menerus dan dalam skala yang cukup tinggi dapat menyebabkan mutasi genetik yang berakibat pada meningkatnya kemungkinan terkena kanker.

Formalin dan melamin
Melamin merupakan polymer dari monomer formalin dan fenol. Apabila  kedua zat ini bersenyawa, maka sifat racun formalin akan hilang, namun apabila proses polimerisasi kedua senyawa ini kurang sempurna maka produk melamin tersebut akan meninggalkan residu formalin atau fenol. Melamin rentan terhadap panas dan sinar ultraviolet sehingga apabila terkena panas atau UV melamin dapat terdepolimerisasi yang menyebabkan munculnya partikel formalin, demikian juga gesekan pada melamin dapat memicu lepasnya partikel formalin.

About these ads

2 Responses to “Apa itu Formalin ?”

  1. FAI Says:

    aku penasaran banget ama identifikasi sederhana dari formalin ini, supaya semua orang bisa dengan mudah mengetahui keberadaannya dalam makanan, yang tau kabarin yeee,,,,

  2. desta Says:

    q mw tanya kira2 ada zat ga za yang bisa melarutkan formalin ????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: